header-logo.png
  • Tanggal :24 November 2023
  • https://www.instagram.com/p/C0A-eExreB3/?img_index=1

Polhut Balai TNUK Ikuti Diklat Reguler Polhut Tahun 2023

Kamis (23/11/2023) bertempat di Lapangan Situ Gunung, Balai Besar Taman Nasional Gede Pangrango telah dilaksanakan Upacara Penutupan Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Reguler Polisi Kehutanan (Polhut) Tahun 2023 lingkup Kementerian LHK.

Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc @siti.nurbayabakar bertindak sebagai Inspektur Upacara pada penutupan Diklat Reguler Polhut Tahun 2023 yang diikuti sebanyak 486 Peserta selama 45 hari bertempat di Lemdiklat Polri atau Sekolah Pembentukan Perwira Polri (STUKPA) Sukabumi dengan nama angkatan pendidikan SILVA SAKA NUSANTARA (SSN) 487 Tahun 2023. Salah satu acara penutupan tersebut adalah prosesi penanggalan tanda siswa dan Penerimaan Sertifikat, Piagam Penghargaan dan Medali serta Penandatanganan Berita Acara Serah Terima.

Turut hadir dalam upacara tersebut para Pejabat Eselon I dan II serta Kepala UPT Lingkup KLHK dan juga Para Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tingkat Propinsi.

Dalam Diklat Reguler Polhut Tahun 2023 ini, Balai TNUK mengirimkan 4 peserta untuk mengikuti Diklat tersebut. Materi yang didapatkan dari kegiatan diklat ini meliputi pelajaran mulai dari ketahanan fisik, beladiri, baris berbaris, SAR, kesamaptaan dan latihan menembak. Mereka juga diajarkan mendapatkan pembelajaran klasikal, seperti materi operasi penertiban, pengamanan TKP, teknis patroli, pengawalan, penjagaan, deteksi dini, penggunaan alat komunikasi dan pembelajaran teknis polhut lainnya.

Tujuan dilaksanakannya diklat ini diantaranya adalah untuk membekali, membentuk dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) polhut sebagai Ksatria Rimba yang tangguh, disiplin dan bertanggung jawab sehingga memiliki kemampuan melakukan pengamanan, pencegahan, penangkalan dan penindakan non-yustisi sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang kehutanan.

Selamat dan sukses kepada semua rekan-rekan Polhut TNUK yang telah selesai mengikuti Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Reguler Polisi Kehutanan (Polhut) Tahun 2023.

Semoga dengan ilmu yang di dapat akan berguna dalam menjaga hutan TNUK.

Salam Budhi Bhakti Wirawana!

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.