header-logo.png

PULAU PEUCANG

PULAU PEUCANG

Merupakan pulau yang terdapat di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah barat Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau Peucang juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, bersama dengan Pulau  Panaitan dan Pulau Handeuleum.

ASAL NAMA PULAU PEUCANG

Nama Pulau Peucang diambil dari nama sejenis Siput yang sering ditemukan di pantai Pulau Peucang. Siput itu oleh penduduk sekitar Taman Nasional Ujung Kulon disebut “Mata Peucang” meskipun di Pulau Peucang, tapi tidak terdapat Kancil yang dalam Bahasa Sunda “Peucang”.

DAYA TARIK

Pantai di Pulau Peucang memiliki karakteristik yang khas pasir  putih dan hamparan yang luas. Obyek Wisata Alam yang dinikmati di pulau ini antara tracking ke karang copong, berenang, snorkeling, dan menyelam. WildlifeViewing dapat dinikmati dengan menyebrang  ke Padang Pengembalan Cidaon yang memakan watu ± 15 menit dengan menggunakan boat kecil yang berkapasitas 6 (enam) orang. Di Cidaon kita dapat mengamati atraksi satwa seperti banteng,  merak, rusa, dan babi hutan. Selain itu juga dapat melihat situs sejarah peninggalan kolonial belanda berupa menara mercusuar dan bekas pembangunan dermaga di tanjung layar dan Cibom.








Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.