header-logo.png
  • Tanggal :04 Februari 2024
  • https://www.instagram.com/p/C26PJDdS2iB/?img_index=1

Sharing Pengalaman Penggunaan Kamera Jebak Monitoring Satwa Liar

Hai Sobat BaCuSa,

Masih inget postingan Mimin tentang teknik pemasangan kamera jebak?
Nah, pada Sabtu (3/2/2024), di Kantor Pengelola JRSCA, Legon Pakis, Ujung Jaya dalam rangka peningkatan kapasitas petugas lapangan, Balai TNUK melaksanakan kegiatan Penyegaran dan Sharing Pengalaman Penggunaan Kamera Jebak, yang diikuti oleh tim monitoring Badak Jawa (RMU). Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 3 s.d 5 Februari 2024.

Kepala Balai TNUK Ardi Andono, S.TP, M.Sc @ardijabar memberikan arahan betapa pentingnya evalusi kinerja dan meningkatkan disiplin dalam penerapan SOP. Beliau berharap seluruh peserta dapat menimba, menerapkan, hingga mengembangkan ilmu dan pengetahuan yang disampaikan oleh narasumber.

Sebagai awalan, PEH Penyelia BTNUK Asep Yayus Firdaus menyampaikan pengalaman pelaksanaan kegiatan Monitoring Satwa Liar berbasis kamera jebak di TNUK. Selaku narasumber, Arif Budiman, Laboratorium Satwa Liar Kehutanan UGM menyampaikan materi “teknik pemasangan kamera jebak”, mulai dari pembelajaran pra lapangan (habitat satwa liar, fitur penting, kelaikan kondisi dan pengaturan parameter kamera jebak), kegiatan lapangan (pemilihan lokasi dan pemasangan kamera jebak), sampai dengan tata cara pemantauan kinerja dan ekstraksi data.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang berlangsung hangat, para peserta cukup aktif berbagi pengalaman sekaligus menyampaikan kendala yang ditemui di lapangan, sedangkan narasumber memberikan langkah-langkah penanganan kamera jebak agar gambar/video hasil tangkapan kamera berkualitas baik.

Kita doakan, semoga petugas lapangan selalu sehat dan semangat ya!

Badak Jawa Hanya Kita yang Punya.

WhatsApp Image 2024-02-03 at 12.53.30 PM.jpeg  WhatsApp Image 2024-02-03 at 12.53.27 PM.jpeg  WhatsApp Image 2024-02-03 at 12.53.32 PM.jpeg

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.