header-logo.png
  • Tanggal :06 Februari 2024
  • https://www.instagram.com/p/C2_UWq2yULS/?img_index=1

Tantangan dan hambatan penggunaan kamera jebak TNUK

Hai Sobat BaCuSa,

Masih dalam sesi Sharing Pengalaman Penggunaan Kamera Jebak Monitoring Satwa Liar di Kantor Pengelola JRSCA, Legon Pakis yang berlangsung tanggal 3 s.d 5 Februari 2024. Kepala Balai TNUK, Ardi Andono, S.TP., M.Sc @ardijabar menyampaikan bahwa kualitas hasil analisis data sangat bergantung pada keberhasilan pengambilan data di lapangan. Pada badak jawa yang memiliki nilai sangat luar biasa dan wajib dijaga kelestariannya, maka pemasangan/penggunaan kamera jebak menjadi faktor penentu keberhasilan pengambilan data dilapangan.

Sebagai bentuk kepedulian petugas dilapangan atas upaya keberhasilan pengambilan data, dilakukan sesi diskusi. Dari hasil diskusi tersebut diketahui bahwa penggunaan kamera jebak memiliki tantangan dan hambatan yang harus diantisipasi oleh tim monitoring, antara lain terbagi dalam dua faktor : pertama faktor teknis dan kedua faktor alam.

Yang menjadi perhatian utama dari faktor teknis adalah kemampuan personil terhadap perlakuan kamera jebak yaitu ketepatan dalam pengaturan (umum dan khusus) unit kamera, dan penentuan lokasi pemasangan kamera dengan mempertimbangkan wilayah aktivitas satwa (tidak menganggu namun dapat data). Selain itu, angle kamera jebak yang dipasang harus disesuaikan dengan perubahan perilaku Badak Jawa.

Adapun faktor alam yang berpeluang mempengaruhi antara lain: air hujan berdampak pada korsleting, lokasi lembab penyebab memuainya baterai, dan gigitan satwa pengerat atau mungkin sebagai sarang semut berdampak pada rusaknya bagian-bagian kamera. Sebagai kasus, pernah terjadi kamera jebak yang digigiti tikus dan bajing, dampaknya adalah kerusakan pada bagian sensor.

Bantu doa ya sob, agar kamera jebak tetap lancar mendapatkan data.

WhatsApp Image 2024-02-03 at 12.53.29 PM (2).jpeg  WhatsApp Image 2024-02-03 at 12.53.27 PM (2).jpeg

WhatsApp Image 2024-02-03 at 12.53.26 PM.jpeg  WhatsApp Image 2024-02-03 at 12.53.30 PM (2).jpeg

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.