header-logo.png
  • Tanggal :13 Februari 2024
  • https://www.instagram.com/p/C3RO2N1SDVc/?img_index=1

Sosialisasi Pembuatan Bank Sampah Unit di TNUK

Hi Sobat BaCuSa,

Pada hari Senin (12/2/2024) diadakan rapat Sosialisasi Pembuatan Bank Sampah Unit di TNUK. Rapat dilakukan Secara Offline di Ruang Rapat Kantor Balai TNUK, Secara Online Virtual melalui Zoom Meeting.

Ketua DWP TNUK, ibu Irna Ardi Andono memberi sambutan sekaligus membuka acara ini. Beliau menyampaikan bahwa Sosialisasi Bank Sampah ini bertujuan agar DW TNUK dapat membentuk Bank Sampah Unit yang berada di Kantor TNUK dan akan dikekola oleh pengurus DW TNUK dan Perwita Banten.

Kepala Balai TNUK Ardi Andono, S.TP., M.Sc @ardijabar turut memberikan sambutan. Beliau berharap Bank Sampah Unit TNUK ini dapat berdiri dan berjalan efektif sehingga menjadi amal ibadah bagi kita semua. Beliau juga menambahkan bahwa Bank sampah memberikan kontribusi terhadap pengurangan sampah, dan dapat memberikan keuntungan ekonomi sirkular dengan menerapkan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Adapun pemberian materi disampaikan oleh Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang Ibu Hj. Suprihatiningsih. Dalam salah satu poin materinya dijelaksan Sampah terbagi menjadi 3 jenis yaitu sampah organic, anorganik dan sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun). Sampah-sampah ini seharusnya sudah dipilah oleh masyarakat di rumah masing-masing. Dijelaskan juga tentang Mekanisme kerja Bank Sampah meliputi : pemilihan sampah di rumah, penyetoran ke Bank Sampah, penimbangan, pencatatan, dan penjualan.

Acara dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang @dlh.pandeglang , Kepala Puskesmas Labuan @puskesmaslabuan , Balai Loka PSPL Serang Caringin @lpsplserang , Para Kepala Sekolah dari tingkat SD s.d SMA/SMK sekitar labuan dan kawasan TNUK, Para Kepala Desa, Dharmawanita Persatuan Balai TNUK @dwp_ujungkulon , dan Mitra BTNUK @alert_indonesia & @badak.indonesia

Sobat BaCuSa, Sampah merupakan tanggung jawab kita bersama. Jika sampah tidak dikelola dengan baik maka dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pemanasan global, sarang penyakit dan dampak yang lebih besar lainnya.

Yuk, kita peduli dan mengolah sampah dengan bijak

20240212_093638.jpg

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.