header-logo.png
  • Tanggal :14 Februari 2024
  • https://www.instagram.com/p/C3UCMuurgTp/?img_index=1

Kepala Balai TNUK dampingi Dirjen KSDAE kunjungi Laboratorium ART dan Bio-Bank di IPB Bogor

Hai Sobat BaCuSa

Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis Institut Pertanian Bogor (SKHB IPB) telah membangun Laboratorium Teknologi Reproduksi Berbantu (Assisted Reproductive Technology/ART) dan Bio Bank untuk mendukung Program Konservasi Badak Sumatera dan Satwa Liar Terancam Punah di Indonesia sesuai dengan arahan SK Dirjen KSDAE No.421/KSDAE/SET/KSA.2/XII/2008 tentang “Rencana Aksi Darurat” Konservasi Badak Sumatera dan Surat Edaran Dirjen KSDAE No. SE.4/KSDAE/KKHSG/KSA.2/3/2023 tentang Arahan Pelaksanaan Kegiatan Prioritas Pengelolaan Badak Sumatera.

Dirjen KSDAE @konservasi_ksdae , Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko,S.Hut,M.Agr.Sc @pudyatmoko dan Direktur KKHSG @indonesianwildlife , Nunu Anugrah, S.Hut., M.Sc @nunuanugrah30 beserta rombongan berkunjung ke SKHB IPB @skhb.ipbofficial pada 18 Januari 2024 untuk melakukan supervisi kesiapan dan pengembangan laboratorium ART dan Bio-Bank di SKHB IPB serta diskusi lebih lanjut terkait penerapan program ART dan Bio-Bank sebagai inovasi teknologi untuk menjaga Badak Sumatera dan Satwa Liar terancam punah yang lain dari kepunahan. Kepala Balai TNUK, Ardi Andono,S.TP.,MSc @ardijabar turut mendampingi kunjungan Dirjen KSDAE dan Direktur KKHSG tersebut.

Laboratorium ART dan Bio Bank yang dibangun sudah dilengkapi dengan peralatan pendukung program biobanking untuk memfasilitasi program propagasi dan penyimpanan material biologis seperti spermatozoa (semen), embrio dan jaringan fibroblas serta stem sel yang dikriopreservasi (diawetkan).

Sangat menarik bukan? Kedepan, laboratorium ini sangat penting bagi peningkatan populasi badak Jawa dan sesuai dengan perencanaan JRSCA kedepan.

Badak Jawa, Hanya Kita Yang Punya

WhatsApp Image 2024-02-13 at 6.54.07 AM.jpeg  WhatsApp Image 2024-02-13 at 6.55.00 AM.jpeg

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.