header-logo.png
  • Tanggal :21 Mei 2024
  • https://www.instagram.com/p/C7Nmry-SAh-/?img_index=1

Pengembangan Sistem Perlindungan Terintegrasi (Integrated Protection System atau IPS)

Hi Sobat BaCuSa,

Pengembangan Sistem Perlindungan Terintegrasi (Integrated Protection System atau IPS) menjadi program yang diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam melindungi badak jawa.

IPS pada pelaksanaannya tentu memerlukan panduan kerja terstandarisasi dan terstruktur yang dibalut dalam dokumen SOP (Standar Operasional Prosedur).

SOP atau Standar Operasional Prosedur merupakan bagian penting dari sebuah sistem kualitas yang dapat menjadi peningkatan kemampuan untuk bekerja secara selaras dan sesuai standar yang diharapkan.

SOP yang dirancang secara benar akan membantu tim untuk bekerja dalam proses formal dan terkoordinasi sehingga tidak hanya mampu menaikkan efektivitas namun juga mengurangi risiko kesalahan.

SOP berfungsi untuk mereduksi kesalahan, memperkuat komunikasi dan mempertahankan konsistensi dari system yang sedang dijalankan. Saat ini belum tersedia dokumen SOP yang lengkap untuk mengimplementasikan IPS di TNUK.

Mengacu pada hal tersebut, salah satu upaya yang akan dilakukan oleh BTNUK dan ALeRT @alert_indonesia sebagai salah satu mitra BTNUK, yaitu melakukan pengembangan sistem perlindungan melalui penyusunan dokumen SOP IPS, sehingga efektifitas pengamanan kawasan Semenanjung TNUK terus meningkat dan kelestarian badak jawa di TNUK semakin terjaga.

Lestari Badak Jawa!

IMG_0191.JPG

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.