header-logo.png
  • Tanggal :21 Juni 2024
  • https://www.instagram.com/p/C8deNzCyqKn/?img_index=1

TNUK Mengedukasi Pelajar dalam kegiatan Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Peucang

Hi Sobat BaCuSa,

Rabu (7/6/2024), Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mendapat kunjungan dari teman-teman Sekolah Alam (SA) Depok @sekolahalamdepok . Kali ini mereka berkesempatan untuk belajar mengenai proses Transplantasi Karang di pulau peucang sob.

Didampingi guru dan pembimbing dari petugas TNUK, teman-teman SA Depok terlihat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar dan proses transplantasi karang ini.

Transplantasi karang merupakan upaya mengembalikan terumbu karang melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup untuk ditanam di tempat lain atau di tempat yang karangnya telah mengalami kerusakan teknik perbanyakan koloni karang dengan memanfaatkan reproduksi aseksual karang secara fragmentasi, kemudian ditempel pada media yang telah disiapkan dan ditempatkan pada lokasi lain guna perbaikan habitat terumbu karang.

Aktivitas transplantasi dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan juga menambah ilmu pengetahuan siswa mengenai proses penanaman karang. Adapun manfaat yang diperoleh ketika melakukan transplantasi terumbu karang diantaranya, yaitu memulihkan terumbu karang jika mengalami kerusakan, meningkatkan ekosistem laut, meminimalisir bencana yang ditimbulkan dari kerusakan lingkungan, mempercepat persebaran habitat terumbu karang, meningkatkan Blue Carbon dan menstabilkan sumber pangan yang bersumber dari laut.

Yang terpenting dari kegiatan ini adalah, teman-teman dapat bermain dan belajar sambil tetap menjadi penggerak konservasi alam khususnya di TNUK

Salam Lestari!

WhatsApp Image 2024-06-06 at 2.43.25 PM.jpeg   WhatsApp Image 2024-06-07 at 9.24.39 AM.jpeg   WhatsApp Image 2024-06-07 at 7.48.29 AM.jpeg

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.