header-logo.png
  • Tanggal :18 Juli 2024
  • https://www.instagram.com/p/C9jBLqxyZOq/?img_index=1

Sosialisasi Perizinan Berusaha Penyediaan Jasa Wisata Alam dan Rencana Penggunaan Aplikasi Booking Online

Hai sobat bacusa

Sudah pada tahu kan kalau di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) itu banyak spot wisata alam yang bisa dikunjungi?!

Dari kegiatan wisata alam tersebut, banyak masyarakat sekitar kawasan TNUK yang telah memperoleh manfaat secara ekonomi melalui penyediaan jasa pemanduan wisata termasuk kuncen ziarah, transportasi kapal, homestay, makanan dan minuman, cinderamata hingga biro perjalanan wisata.

Nah, dalam upaya untuk mewujudkan wisata alam yang tertib, aman dan nyaman maka Balai TNUK mengadakan sosialisasi terkait Perizinan Berusaha Penyediaan Jasa Wisata Alam (PB-PJWA) dan rencana penggunaan aplikasi booking online untuk kegiatan wisata alam di kawasan TNUK.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 5 Juli 2024 di Kantor Seksi PTN Wilayah III Sumur dan dihadiri oleh perwakilan dari pelaku wisata yaitu pemandu lokal, biro perjalanan wisata dan pengusaha sewa transportasi kapal.

Para peserta sepakat untuk mendukung rencana sistem booking online dan mengurus izin PB-PJWA. Pada kesempatan ini pula disepakati pembentukan forum komunikasi wisata alam TNUK sebagai wadah komunikasi dan mengkoordinir para pelaku usaha jasa wisata alam yang ada di kawasan Ujung Kulon, dengan ketua sementara Bapak Tommy Samba dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Pandeglang.

Kedepannya seluruh pengunjung yang datang ke TNUK wajib didampingi dan dilayani oleh pelaku wisata yang memiliki izin.

Yuk kita dukung upaya peningkatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan melalui pengelolaan wisata alam yang bersinergi

Hutan lestari, Masyarakat Sejahtera

2.png      6.png

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.