header-logo.png
  • Tanggal :01 Oktober 2024
  • https://www.instagram.com/p/DAkN_82SU2v/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==

Balai TN Ujung Kulon Melakukan Sosialisasi Booking Online Wisata dan Pendampingan OSS (Online Single Submission) bagi Pelaku Usaha Jasa Wisata

Sebagai upaya penyebarluasan informasi terhadap aplikasi booking online wisata TN Ujung Kulon pasca di Launching oleh Ibu Menteri LHK, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc saat acara Working Visit KLHK dengan Bezos Earth Fund (BEF) di Arboretum Ir. Lukito Daryadi. M.Sc. Gd.Manggala Wanabakti Jakarta pada Jumat yang lalu (6/9/2024), Balai TN Ujung Kulon menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi aplikasi booking online wisata dan Bimbingan teknis bagi pemohon Perizinan Berusaha Penyediaan Jasa Wisata Alam (PB-PJWA) di komplek perkantoran Seksi PTN Wilayah II Pulau Handeuleum pada hari Rabu (25/9/2024) dengan dukungan penuh dari Bank BJB.

Booking online merupakan upaya digitalisasi pelayanan kunjungan wisata di TNUK yang diharapkan dapat meningkatkan kemudahan pelayanan, promosi dan peningkatan PNBP. Selain pelayanan terhadap pengunjung, kedepan booking online juga diharapkan dapat menampung keterlibatan Masyarakat penggiat wisata (cenderamata, pemandu wisata, jasa transportasi, makanan dan minuman). Hal ini diharapkan dapat menjadi pagar ekonomi dalam strategi konservasi Badak Jawa.

Seiring dengan kegiatan sosialisasi, dilakukan pendampingan pembuatan akun OSS PB-PJWA oleh Direktorat PJLKK dan Balai TNUK kepada masyarakat para pelaku usaha di sekitar TNUK. Peserta bimbingan teknis pada kesempatan ini berjumlah sebanyak 40 orang, diantaranya berasal dari Sumur, Cikeusik, Cigorondong, Ketapang, Paniis, Tamanjaya dan Carita.

Kegiatan Jasa wisata yang dilakukan oleh masyarakat meliputi: a). Penyediaan Jasa Pemandu/Interpreter Wisata Alam (Guide dan Kuncen); (b) Penyediaan Jasa Transportasi Wisata Alam; (c) Cinderamata Wisata Alam; dan (d) Penyediaan Jasa Makanan dan Minuman.


Selama kegiatan berlangsung para peserta antusias mengikuti jalannya rangkaian acara dan sepakat mendukung penggunaan aplikasi booking online wisata TNUK serta mengurus izin PB-PJWA sampai terbit sertifikat standard. Hal itu dilakukan untuk memenuhi syarat kunjungan ke TNUK, bahwa semua pengunjung wajib didampingi dan dilayani oleh pelaku wisata yang memiliki izin.

Ayo ke Taman Nasional…..

Telusuri pesona wisata kawasan TNUK



2.png      1.png   3.png




Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.