header-logo.png
  • Tanggal :06 Mei 2022
  • Humas BTNUK

SEBA BADUY TAHUN 2022

Dengan menggunakan pakaian khas Baduy, Kepala Balai TN Ujung Kulon mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hadir memenuhi undangan Bupati Kabupaten Lebak dalam acara SEBA BADUY tahun 2022 dengan tema "Ngarumat Budaya Pikeun Indonesia Adidaya" pada Jumat, 06 Mei 2022 di Pendopo Kabupaten Lebak

Penyelenggaraan event budaya adalah salah satu strategi untuk mengenalkan potensi ragam budaya unik yang dimiliki oleh Kabupaten Lebak ditengah era digitalisasi sebagai wahana edukasi nilai-nilai luhur budaya Indonesia.

Event Seba Baduy ini juga telah lolos kurasi yang sangat panjang untuk menjadi 100 besar dalam program Kementerian Pariwisata yaitu Kharisma Event Nusantara. Sementara itu, Desa Wisata Saba Budaya Baduy juga masuk dalam 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia 2022 yang juga masih dalam program dari Kementarian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu ADWI 2022 (Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022).

Acara ini bekerjasama dengan unsur pentahelix ini mengusung tema “Ngarumat Budaya Pikeun Indonesia Adidaya” yang berarti Melestarikan budaya untuk negara adidaya Indonesia. Event ini memiliki konten acara yang meriah, mulai dari pameran ekonomi kreatif, lomba fotografi, lomba menulis baduy, tampilan kesenian, camping ground, dan masih banyak yang lainnya. Acara ini akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut dan ritual seba akan berlangsung di hari ke-2. Ritual seba yang dimaksud adalah merupakan tradisi seserahan hasil bumi serta melaporkan berbagai kejadian yang telah berlangsung selama satu tahun terakhir di Suku Baduy kepada Ibu gede dan Bapak gede atau pemerintah setempat yang biasa disebut dengan upeti pada kerajaan. Itu semua merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat Baduy Luar dan Baduy Dalam karena telah mendapatkan hasil panen yang melimpah. Kegiatan Seba ini dilakukan tanpa paksaan dari pihak manapun, Masyarakat Baduy akan berbondong-bondong membawa hasil taninya kepada pemerintah daerah.

Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.