header-logo.png
  • Tanggal :22 September 2022
  • Humas BTNUK

HARI BADAK SEDUNIA 2022

Kantor Balai Taman Nasional Ujung Kulon Labuan, dilaksanakan peringatan hari Badak Sedunia dengan tema “Lestari Ujung Kulon, Lestari Badak Jawa”. Beberapa rangkaian kegiatan telah dilaksanakan mulai dari tanggal 17 September 2022 diantaranya adalah :

1. Kegiatan Bersih Sampah Pesisir pantai di Pulau Panaitan bersama Srikandi Nusantara, Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Peucang bersama Pemerhati lingkungan dan Konservasi Srikandi Nusantara;
2. Talkshow “Bincang Badak Jawa” bersama Yayasan Alabama Indonesia dan Harian Fakta Banten ;
3. Seminar Hari Badak Sedunia di Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang ;
4. Penyampaian Santunan Bagi anak anak yatim/piatu di sekitar Labuan.
5. Pemotongan Tumpeng;
Puncak acara peringatan Hari Badak Sedunia ini dilaksanakan di Kantor Balai Taman Nasional Ujung Kulon Labuan Pandeglang Banten.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sejarah hari Badak Sedunia ini dimulai pada tahun 2010 di Afrika Selatan, yang dilatar belakangi oleh keprihatinan akan populasi badak yang menurun dengan cepat karena pada saat itu kurang dari 30.000 ekor badak tersisa di alam liar yang dulunya mencapai ratusan ribu ekor. Peringatan Hari Badak Sedunia ini memberikan kesempatan banyak pihak untuk bersatu mencari cara menghentikan perburuan badak di dunia.

Sebagai kado pada peringatan Hari Badak Sedunia tahun 2022 ini, Balai TNUK sebagai Warisan Dunia atau World Heritage yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1991, telah lahir 1 (satu) ekor anak Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) yang terekam kamera video trap pada 20 Februari 2022 di Semenanjung Ujung Kulon dan di beri nama “Merdeka Sari” oleh Wakil Menteri LHK pada saat peringatan 17 Agustus 2022 yang lalu di TNUK. Kelahiran Badak Jawa ini mencatatkan penambahan jumlah populasi Badak Jawa berdasarkan temuan melalui video trap menjadi 77 ekor.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada para Mitra TNUK dan semuanya atas dukungan serta partisipasinya dalam penyelenggaraan peringatan Hari Badak Sedunia /World Rhino Day tahun 2022 di Balai TN Ujung Kulon.

CLEAN 1.jpg        

 12.jpg       

  22.jpg    

2.jpg



Copyright© 2024 Balai Taman Nasional Ujung Kulon. All right reserved.